-->

Proposal Kualitatif: Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar

Download proposal skripsi penelitian kualitatif: Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar dalam bentuk pdf.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Bimbingan konseling adalah bantuan kepada seseorang dalam menghadapi permasalahan yang timbul di dalam hidupnya. Bantuan tersebut sangat tepat apabila diberikan di suatu sekolah, agar setiap siswa berkembang seoptimal mungkin. Dengan demikian, bimbingan konseling menjadi layanan khusus di dalam kegiatan pendidikan suatu sekolah yang diberikan oleh seseorang yang ahli pada bidang tersebut.

Di sekolah dasar, bimbingan konseling tidak dilakukan oleh tenaga ahli secara khusus seperti pada jenjang SMP dan SMA, namun dilakukan oleh guru kelas. Selain harus menjalankan tugas secara menyeluruh, baik menyampaikan materi pelajaran ataupun mengerjakan administrasi kelas, guru kelas harus dapat memfasilitasi layanan bimbingan konseling terhadap semua siswa.

Pemberian bimbingan konseling meliputi orientasi, penempatan dan penyaluran, informasi, konseling perorangan, pembelajaran, konseling kelompok, dan bimbingan kelompok. Guru sekolah dasar harus melakukan tujuh layanan bimbingan konseling itu agar setiap permasalahan siswa dapat diantisipasi seawal mungkin sehingga tidak mengganggu kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa bisa mencapai hasil belajar secara maksimal tanpa terdapat permasalahan dan hambatan yang cukup berarti.

Readmore:

Kenyataan di lapangan, khususnya pada sekolah dasar memperlihatkan bahwa fungsi guru kelas dalam melaksanakan bimbingan konseling belum dilakukan secara optimal. Hal itu disebabkan karena tanggung jawab dan tugas guru kelas yang cukup banyak, sehingga pemberian layanan bimbingan konseling belum berdampak positif ke dalam peningkatan prestasi belajar siswa.

Selain melakukan tugas pokok dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru sekolah dasar juga mempunyai tugas administrasi yang cukup banyak sehingga pemberian layanan bimbingan konseling menjadi tidak dapat dilaksanakan dengan maksimal. Walaupun telah melakukan layanan bimbingan konseling sesuai dengan kemampuan guru, namun administrasi bimbingan konseling dan layanan bimbingan konseling belum dikerjakan dan dilakukan secara optimal.

Rumusan Masalah:

  • Bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah dasar secara umum?
  • Bagaimana peran guru kelas dalam pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah dasar?
  • Bagaimana manajemen pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah dasar?

Tujuan Penelitian:

  • Untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah dasar secara umum.
  • Untuk mengetahui peran guru kelas dalam pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah dasar.
  • Untuk mengetahui manajemen pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah dasar.

Download Proposal Skripsi:

Link Download: