-->

Cara Penulisan Kutipan dalam Karya Ilmiah

Teknik dan cara penulisan kutipan (pengutipan) langsung dan tidak langsung dari buku, internet, majalah, dan sebagainya.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Kutipan merupakan suatu ide, pendapat, atau gagasan yang dikutip dari berbagai sumber untuk menunjukkan keaslian teori yang mendukung penulisan karya ilmiah. Kutipan berfungsi untuk menjamin kualitas suatu tulisan dan memberikan intisari suatu wacana serta menjaga kredibilitas penulis. Kutipan dapat diambil dari buku, laporan, ensiklopedi, kamus, artikel, internet, majalah, dan sebagainya.

Pengutipan diperlukan sebagai rujukan, penguatan, maupun penegasan untuk mendukung penelitian yang didapatkan dari penelitian sebelumnya atau sumber lainnya. Hal tersebut digunakan untuk mengobjektifkan, mencegah adanya plagiarisme, dan memperkaya materi. Ketika mengutip dengan gaya tertentu, peneliti diharuskan untuk konsisten dengan gaya tersebut.

Manfaat pengutipan yaitu untuk merujuk informasi yang telah dikemukakan para ahli. Informasi tersebut dapat berupa pendapat para ahli atau data yang digunakan penulis untuk mengembangkan pokok masalah penelitiannya. Sehingga mendukung pendapat penulis bahwa sebelumnya terdapat orang lain telah menyampaikan pendapat serupa. Dengan adanya kutipan tersebut, menunjukkan kredibilitas penulis dan sebagai bukti kebenaran pernyataan yang ditulis oleh peneliti.

Readmore:

Prinsip-Prinsip dalam Pengutipan:

Apabila terdapat salah ejaan dari sumber pengutipan, maka sebaiknya dibiarkan saja seperti pada sumber tersebut. Pengutip tidak diperbolehkan membetulkan kata yang salah saat melakukan pengutipan.
Diperbolehkan untuk menghilangkan bagian tertentu pada kutipan dengan syarat tidak menimbulkan perubahan makna yang terkandung di dalam sumber kutipan. Caranya:
Jika pengutipan disertai penghilangan awal kalimat atau beberapa kata, berilah tanda baca tiga titik […].
Jika pengutipan diawali kalimat baru dan terdapat kalimat yang dihilangkan, berilah tanda empat titik [….].
Jika pada pengutipan terdapat bagian yang kurang sesuai dan ingin diperbaiki, maka perbaikan tersebut diletakkan dalam tanda kurung [( )].

Jenis-Jenis Kutipan dalam Karya Ilmiah:


Kutipan Langsung

Kutipan langsung merupakan kutipan tanpa perubahan apapun dari sumber asli. Pada kutipan langsung tidak diperbolehkan untuk merubah atau menghilangkan suatu kalimat atau kata dari sumber kutipan. Cara menulis kutipan langsung:
Cara menulis kutipan langsung yang terdiri dari satu sampai empat baris:
Kutipan diletakkan di dalam teks.
Jarak baris antar kutipan dua spasi.
Kutipan diapit oleh tanda baca petik dua ("...").
Berisi sumber kutipan yaitu nama pengarang, tahun penerbitan, dan nomor halaman.
Contoh penulisan kutipan:
"Argumentasi merupakan suatu retorika yang berusaha mempengaruhi pendapat dan seseorang, agar mereka percaya dengan yang dikemukakan pembicara" (Keraf, 1983:3).
Menurut Gorys Keraf di dalam bukunya Argumentasi dan Narasi (1983:3), "Argumentasi merupakan suatu retorika yang berusaha mempengaruhi pendapat dan sikap seseorang, agar mereka percaya dengan yang dikemukakan pembicara."
Cara menulis kutipan langsung yang lebih dari empat baris:
Kutipan dipisahkan dengan teks dengan jarak tiga spasi.
Jarak baris antar kutipan satu spasi.
Kutipan menjorok ke dalam dengan jarak lima spasi dari margin kiri serta kanan, dan tidak diberi tanda baca petik dua.
Berisi sumber kutipan yaitu nama pengarang, tahun terbit, dan nomor halaman.
Contoh penulisan kutipan:
Menurut Gorys Keraf (1997:99):
Argumentasi merupakan suatu retorika yang berupaya untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, sehingga mereka bertindak sesuai dengan yang diinginkan pembicara atau penulis. Melalui argumentasi seseorang berupaya merangkai fakta dengan sedemikian rupa, sehingga dapat menunjukkan suatu gagasan itu benar atau salah. Dalam penyampaian argumentasi biasanya disertai dengan bukti, penjelasan, alasan, dan ulasan objektif yang disertai analogi, contoh, dan sebab-akibat.
Gorys Keraf berpendapat bahwa:
Argumentasi merupakan suatu retorika yang berupaya untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, sehingga mereka bertindak sesuai dengan yang diinginkan pembicara atau penulis. Melalui argumentasi seseorang berupaya merangkai fakta dengan sedemikian rupa, sehingga dapat menunjukkan suatu gagasan itu benar atau salah. Dalam penyampaian argumentasi biasanya disertai dengan bukti, penjelasan, alasan, dan ulasan objektif yang disertai analogi, contoh, dan sebab-akibat (Keraf, 1997:99).

Kutipan Tidak Langsung

Kutipan tidak langsung merupakan kutipan yang telah diringkas dari sumber kutipan asli. Kutipan tidak langsung ditulis menyatu dengan tulisan yang kita tulis dan tidak diapit tanda petik. Cara menulis kutipan tidak langsung:
  • Kutipan menyatu dengan teks lain.
  • Jarak antar baris spasi rangkap.
  • Tidak diapit tanda petik dua.
  • Terdapat sumber kutipan.
Contoh penulisan kutipan:
Belanda melemahkan posisi raja dengan cara menguras kekayaannya dan ditukarkan dengan dukungan militer, raja pun bersedia membayar mahal untuk memperoleh pengawalan pasukan pribadi (Robert, 2002:30).

Tata Cara Penulisan Sumber Kutipan:

Cara menulis kutipan dengan satu penulis:
Fotosintesis merupakan proses kimiawi yang berlangsung di dalam daun berklorofil untuk menghasilkan makanan (Nugraha, 1995:17).
Menurut Nugraha (1995:17), Fotosintesis merupakan proses kimiawi yang terjadi di dalam daun untuk menghasilkan makanan.
Cara menulis kutipan dengan dua atau tiga penulis:
Fakta telah membuktikan bahwa lelaki yang telah menikah mempunyai penghasilan yang lebih tinggi daripada yang belum menikah (Chun dan Lee, 2001:89).
Baironi, Munandar, dan Susanto (1889:112) berpendapat bahwa kesusksesan ditentukan oleh kemauan yang kuat pada diri seseorang.
Cara menulis kutipan dengan penulis lebih dari tiga:
Robert et al. (2003:74) berpendapat, "Pendidikan karakter saat usia anak-anak akan mencetak remaja yang memiliki karakter."
Cara menulis kutipan tanpa penulis:
Penyakit banyak sekali muncul pada musim pencaroba ("Dampak Pancaroba", 2015).
Cara menulis kutipan dengan penulis yang sama dengan sumber berbeda:
Menahan makan untuk program diet dapat mencegah obesitas. Namun, diet juga dapat menimbulkan penyakit magh (Nugraha, 2000;2005).
Cara menulis kutipan karya yang sama lebih dari satu kali:
Ekonomi mikro merupakan penunjang ekonomi suatu negara (Robert, 2012, p.3). Namun, Robert juga mengatakan "kuantitas ekonomi mikro di Negara Indonesia masih sedikit" (p. 4).
Cara menulis kutipan yang terdiri dari dua atau lebih sumber:
Penelitian telah membuktikan bahwa kekuasaan berhubungan dengan performa kerja (Robert, 2002; Hall, 1996).
Cara menulis kutipan yang berisi beberapa informasi dari sumber dan tahun yang sama:
Robert (1997a, p. 23) menyatakan, "Sukses dapat digapai dengan usaha tekun."
Cara menulis kutipan suatu informasi yang berasal dari sumber lain:
Menurut Hendrik (1986), Olahraga dapat menyehatkan pikiran (seperti dikutip dalam Wayan, 2013).
Cara menulis kutipan dari organisasi atau kelompok:
Hewan yang dilindungi masih terancam hidupnya. Bahkan sebagian besar telah punah (Komunitas Pemerhati Satwa [KPS], 2015)
Cara menulis kutipan dari wawancara langsung, email, memo, atau surat:
Menurut Robert, berpuasa dapat melatih diri dari perasaan emosi (Personal communication, 15 Juni 2015).

Cara Menulis Kutipan yang Berasal dari Internet:

Cara menulis kutipan dengan sumber lengkap ditulis seperti kutipan dari buku disertai url sumber, contoh:
"Internet dapat digunakan sebagai daftar referensi penelitian." (Kemendikbud, 2017. http://www.kemendikbud.com/daftar-pustaka-dari-internet.html, diakses 30 Januari 2019)
Cara menulis kutipan dengan sumber tanpa tahun terbit, maka penulisan tahun terbit dengan "n.d" (no data), contoh:
"Internet dapat digunakan sebagai daftar referensi penelitian." (Kemendikbud, n.d. http://www.kemendikbud.com/daftar-pustaka-dari-internet.html, diakses 30 Januari 2019)
Cara menulis kutipan dengan sumber tanpa nama dan tahun terbit, contoh:
"Internet dapat digunakan sebagai daftar referensi penelitian." (http://www.kemendikbud.com/daftar-pustaka-dari-internet.html, diakses 30 Januari 2019)

Cara Menulis Kutipan dari Surat Kabar atau Majalah:

Cara menulis kutipan dari sumber dengan nama pengarang, maka penulisannya sama seperti kutipan dari buku. Contoh:
Dibalik keberhasilan menteri pendidikan, ternyata masih terdapat masalah yang mengganjal (Herman, 2006).
Cara menulis kutipan dari sumber tanpa nama pengarang, maka penulisannya dengan menggunakan nama surat kabar atau majalah dengan ditulis miring, tanggal penerbitan, dan nomor halaman. Contoh:
Rancangan kurikulum 2006 berupa pedoman guru untuk mengembangkan kegiatan belajar mengajar yang sesuai kebutuhan sekolah (Suara Indonesia, 5 Maret 2006).

Cara Menulis Kutipan dari Ensiklopedia, Kamus, dan Software:

Kutipan dari sumber disertai nama pengarang, maka penulisannya sama seperti kutipan dari buku. Kutipan dari sumber tanpa nama pengarang, maka menggunakan nama ensiklopedia atau kamus yang ditulis miring dan tahun terbit. Kutipan dari software, maka penulisannya dengan nama software dan disertai tahun terbit. Contoh:
Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah penghitungan (Microsoft, 2001).

Note: Masing-masing universitas mungkin menggunakan pedoman yang sedikit berbeda, lihat buku panduan penulisan karya ilmiah masing-masing universitas agar sesuai dengan ketentuan universitas.