-->

Panduan Cara Menyusun Skripsi dari Awal sampai Akhir

Tahapan dan panduan cara menyusun (penulisan) skripsi dari awal sampai akhir sesuai format dan susunan yang benar.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Skripsi yaitu suatu karya tulis ilmiah hasil penelitian mahasiswa berupa paparan hasil penelitian yang mengkaji masalah penelitian dalam suatu bidang tertentu dengan menggunakan pedoman ilmiah yang berlaku. Pada tahap awal, mahasiswa harus terlebih dahulu menyusun proposal skripsi sebagai perencanaan penyusunan skripsi yang mengungkapkan metodologi, serta alur pikiran dalam skripsi.

Proposal skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah sebagai syarat penyusunan skripsi yang harus disiapkan mahasiswa yang merupakan bagian perencanaan skripsi. Proposal skripsi ini dikembangkan dari permasalahan yang akan dievaluasi untuk mengetahui pemahaman peneliti akan latar belakang masalah, kerangka konseptual serta cara pemecahan masalah penelitian.

Penyusunan proposal dan skripsi dibimbing oleh dua dosen pembimbing, yaitu dosen pembimbing I serta dosen pembimbing II. Pembimbing bertugas untuk memberikan pengarahan dan bimbingan kepada mahasiswa selama menyusun proposal dan skripsi, menilai proposal dan skripsi, serta memberikan pengesahan pada naskah proposal dan skripsi.

Readmore:

Panduan Cara Penulisan (Pedoman Penyusunan) Skripsi dari Awal sampai Akhir:


Pemilihan metode dan judul penelitian
Metode penelitian yang bisa dipilih yaitu metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif, serta metode penelitian tindakan kelas. Berikut ini merupakan deskripsi dari masing-masing metode tersebut serta beberapa contoh judul yang dapat dijadikan referensi:
Contoh Judul Penelitian Kualitatif
Contoh Judul Penelitian Kuantitatif
Contoh Judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Penulisan proposal skripsi (bab I, II, dan III)
Sistematika penulisan proposal skripsi dapat dibagi menjadi bagian awal, isi, serta akhir. Bagian awal proposal skripsi terdiri dari cover, halaman judul, daftar isi, halaman persetujuan, daftar gambar, daftar tabel, serta daftar lampiran. Bagian isi proposal skripsi terdiri dari judul, pendahuluan (latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian), tinjauan pustaka, serta metode penelitian. Bagian akhir dari proposal skripsi adalah daftar pustaka serta lampiran-lampiran. Berikut ini merupakan contoh proposal skripsi yang dapat dijadikan referensi pembuatan proposal skripsi:
Teknik dan Tata Cara Penulisan Naskah Proposal dan Skripsi
Download Proposal dan Skripsi Penelitian Kualitatif
Download Proposal dan Skripsi Penelitian Kuantitatif
Download Proposal dan Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Seminar proposal skripsi
Proposal skripsi dapat diajukan ke dalam forum ujian setelah kedua dosen pembimbing menyetujuinya. Penilai ujian terdiri dari dua dosen pembimbing ditambah satu dosen penilai lain. Dalam seminar, mahasiswa harus mempresentasikan materi pada proposal skripsinya sesuai jadwal yang ditentukan. Seminar proposal dapat dihadiri oleh staf pengajar lain dan mahasiswa lain yang berminat. Materi seminar ditekankan kepada sistematika proposal skripsi, landasan teori, metode empiris, serta tahapan prosedur penyusunan skripsi.

Penelitian
Peneliti terjun ke lokasi penelitian dan mulai mengumpulkan data sesuai metode pengumpulan yang telah dipilih pada proposal skripsi. Metode pengumpulan data yang dapat digunakan antara lain yaitu kuesioner, wawancara, observasi, studi dokumen, dan sebagainya. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai beberapa metode pengumpulan data tersebut:
Metode Kuesioner pada Penelitian
Metode Wawancara pada Penelitian
Metode Observasi pada Penelitian
Metode Studi Dokumen pada Penelitian
Metode Focus Group Discussion pada Penelitian
Metode Catatan Anekdot pada Penelitian

Penulisan isi skripsi (bab IV dan V)
Setelah data terkumpul, data diolah pada bab IV dan V. Bab IV menguraikan gambaran umum tentang pengamatan seperti data atau variabel penelitian, serta menganalisis dan membahas hasil penelitian. Bab IV juga menganalisis fakta-fakta dalam wujud yang menjadi fokus pengamatan. Analisis dilakukan dengan menggunakan landasan teori yang telah dituliskan pada bab II beserta penjelasannya. Sedangkan bab V berisi tentang kesimpulan penelitian dan saran penelitian, mencakup interpretasi data yang merupakan jawaban masalah pada penelitian, serta kelebihan dan kekurangan penelitian yang dilakukan. Pemberian saran harus singkat, berfokus pada kelemahan proses penelitian maupun kelemahahan yang berkaitan dengan temuan pada penelitian, serta merupakan pemecahan masalah.

Sidang skripsi
Sidang dapat diadakan sepanjang tahun sesuai kebutuhan, dengan syarat semua persyaratan sudah terpenuhi. Dalam sidang, mahasiswa wajib mempresentasikan hasil penelitiannya sesuai jadwal yang telah ditentukan. Yang diujikan pada sidang skripsi adalah materi, aplikasi, dan integrasi mata kuliah pokok, serta wawasan mahasiswa terkait dengan penelitian.

Yudisium dan wisuda
Yudisium adalah pengumuman nilai akademik kepada mahasiswa sebagai penilaian akhir seluruh proses perkuliahan yang diambil dan penetapan nilai transkrip akademik, serta menetapkan lulus ataupun tidak lulusnya mahasiswa. Sedangkan wisuda merupakan suatu proses akhir di dalam rangkaian akademik pada universitas atau perguruan tinggi. Sebagai tanda selesainya studi akademik, diadakan prosesi pelantikan dengan rapat senat terbuka.

Tips Cara Menyusun Proposal dan Skripsi agar Cepat Selesai:

  • Baca panduan cara menyusun proposal dan skripsi dari awal sampai akhir ini sebagai pedomanmu menyusun proposal dan skripsi.
  • Pilih judul yang sesuai minat, sehingga tidak terbebani pada saat mengerjakan proposal dan skripsi.
  • Pergilah ke perpustakaan untuk mendapatkan inspirasi dalam penentuan judul penelitian.
  • Tentukan minimal tiga judul penelitian yang berbeda, sehingga tidak harus mencari lagi jika ditolak oleh dosen pembimbing.
  • Bagi yang berencana untuk melanjutkan pascasarjana, tentukan judul penelitian yang nantinya bisa digunakan untuk mengerjakan tesis.
  • Segera lakukan revisi setelah selesai bimbingan sehingga revisi tidak menumpuk banyak.