-->

Download Proposal dan Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Download proposal dan skripsi penelitian tindakan kelas (PTK) terlengkap dan terbaik sebagai referensi skripsi.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Proposal skripsi penelitian tindakan kelas (PTK) yang dalam Bahasa Inggris yaitu Classroom Action Research adalah suatu karya ilmiah yang membahas mengenai kegiatan penelitian yang dilakukan peneliti untuk mengetahui dan memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas.

Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di dalam kegiatan belajar mengajar yang alami sesuai jadwal pelajaran di kelas sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar. Penelitian tindakan kelas (PTK) mempunyai sifat kontekstual, terlokalisasi, berskala kecil, relevan, dan situasional dengan situasi di dalam kelas.

Proposal skripsi penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk perbaikan kualitas pembelajaran serta memberdayakan pendidik dalam pemecahan masalah pembelajaran di sekolah. Selain itu juga bertujuan untuk memberi kesempatan guru untuk berimprovisasi pada saat melakukan pembelajaran yang direncanakan sehingga tepat sasaran dan tepat waktu.

Readmore:

Jenis-Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Menyusun Proposal Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK):

Proposal skripsi penelitian tindakan kelas (PTK) diagnostik, dirancang untuk menuntun peneliti melakukan suatu tindakan. Peneliti menelaah dan memasuki situasi penelitian, sehingga menuntun peneliti melakukan suatu tindakan.
Readmore: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Diagnostik
Proposal skripsi penelitian tindakan kelas (PTK) partisipan, peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian dari awal sampai dengan selesainya hasil laporan. Peneliti dituntut terlibat secara langsung dari awal hingga akhir.
Readmore: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Partisipan
Proposal skripsi penelitian tindakan kelas (PTK) empiris, peneliti berkolaborasi bersama guru yang melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Peneliti melakukan pencatatan tentang pelaksanaan tindakan pada proses pembelajaran.
Readmore: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Empiris.
Proposal skripsi penelitian tindakan kelas (PTK) eksperimental, peneliti berupaya menerapkan berbagai pendekatan, model, metode, maupun strategi pembelajaran dengan efektif dan efisien di dalam kegiatan pembelajaran.
Readmore: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Eksperimental

Metode Pengumpulan Data dalam Menyusun Proposal Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK):

Observasi, terdapat dua macam observasi yaitu observasi sistematis (menggunakan instrumen pengamatan) dan observasi non sistematis (tidak memakai instrumen pengamatan). Alat yang dapat digunakan dalam observasi yaitu ceklist, catatan kejadian, lembar pengamatan, dan sebagainya.
Readmore: Observasi pada Penelitian.
Wawancara (interview)
Yaitu dialog yang dilaksanakan oleh pewawancara dengan tujuan untuk mendapatkan informasi dari narasumber. Ada beberapa jenis wawancara, yaitu wawancara terstruktur, wawancara semi terstruktur, dan wawancara formal berstruktur.
Readmore: Wawancara pada Penelitian.
Dokumentasi, yaitu teknik mengumpulkan informasi atau data dengan cara menganalisis dokumen. Peneliti mengumpulkan benda tertulis seperti majalah, buku, dokumen, catatan harian, notulen rapat, dan sebagainya.
Readmore: Dokumentasi pada Penelitian.
Kuesioner (angket), yaitu pertanyaan tertulis yang dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi dari responden. Instrumennya disebut angket yang berisi pertanyaan untuk responden. Responden bebas untuk memberikan jawaban sesuai dengan persepsinya.
Readmore: Kuesioner pada Penelitian.
Catatan Anekdot, merupakan riwayat tertulis tentang yang dilakukan atau dikatakan seseorang dalam kelas. Deskripsi tersebut mencakup kejadian yang terjadi sebelum, selama, dan setelah proses belajar mengajar.
Readmore: Catatan Anekdot pada Penelitian.

Download Contoh Proposal Skripsi dan Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK):

  • Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping dalam Peningkatan Keterampilan Menulis
  • Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Kelompok
  • Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Pembelajaran melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Snowball Trowing
  • Meningkatkan Prestasi Siswa dengan Pendekatan Interaktif dalam Pembelajaran IPA
  • Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Teknik Penyelesaian Cerita Rumpang
  • Meningkatkan Keterampilan Visual Spasial Peserta Didik melalui Pemanfaatan Media Realia
  • Peningkatan Motivasi dan Prestasi Siswa dengan Menggunakan Sumber Belajar Lingkungan
  • Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Model Quantum Teaching
  • Pemanfaatan Torso dalam Peningkatan Pengetahuan Siswa mengenai Sistem Pencernaan Manusia
  • Pembelajaran Tipe Problem Solving dan Learning Cycle dalam Peningkatan Keterampilan Metakognisi
  • Pemberian Reward serta Punishment dalam Peningkatan Hasil Belajar
  • Pendekatan Kooperatif Metode Jigsaw dalam Peningkatan Hasil Belajar
  • Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah
  • Penerapan Model Pembelajaran Siklus dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Pesawat Sederhana
  • Penerapan Pembelajaran Metode Think Pair Share dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA
  • Pengaruh Metode Pembelajaran Bercerita Dengan Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dini
  • Penggunaan Media Kancing dalam Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa mengenai Bilangan
  • Penggunaan Media Maket Permukaan Bumi dalam Peningkatan Prestasi Belajar
  • Pemanfaatan Benda Manipulatif pada Pelajaran Matematika dalam Peningkatan Kemampuan Mengerjakan Operasi Hitung
  • Pemanfaatan Media Boneka Tangan dalam Peningkatan Keterampilan Menyimak
  • Pemanfaatan Media Kartu Muatan dalam Peningkatan Hasil Pembelajaran Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika
  • Pemanfaatan Stik Es Krim dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Matematika
  • Penggunaan Metode Penemuan Terbimbing dalam Peningkatan Prestasi Belajar
  • Penggunaan Peningkatan Keterampilan Mendeskripsikan Lingkungan dengan Pembelajaran di Luar Sekolah
  • Penggunaan Model Pembelajaran Realistic Matematic Education dalam Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Masalah
  • Penggunaan Strategi Prediction - Observation - Explanation (POE) dalam Peningkatan Keterampilan Peserta Didik dalam Pemahaman Konsep Pesawat Sederhana
  • Peningkatan Hasil Pembelajaran melalui Model Pembelajaran Group Investigation
  • Peningkatan Keterampilan Penulisan Pantun melalui Pembelajaran Model Kooperatif Metode Kancing Gemerincing
  • Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar melalui Metode Role Playing
  • Peningkatan Prestasi Belajar dengan Pembelajaran Think Pair Share
  • Upaya Guru dalam Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Metode Pembelajaran Show and Tell pada Pelajaran Bahasa Indonesia
  • Upaya Meningkatkan Prestasi Pembelajaran melalui Pembelajaran Picture to Picture
  • Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran dengan Menggunakan Model Kooperatif Numbered Head Together
  • Peningkatan Keterampilan Menulis melalui Pemanfaatan Media Gambar Seri

Ciri-Ciri Penelitian Tindakan Kelas pada Proposal Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK):

  • Berupaya menyelesaikan masalah di kelas, dengan dukungan ilmiah.
  • Salah satu upaya pengembangan keprofesian guru melalui kegiatan berpikir kritis dan juga sistematis.
  • Permasalahan dalam PTK merupakan permasalahan aktual dan nyata di dalam kegiatan belajar mengajar.
  • Adanya kerjasama antara peneliti dengan pendidik dan kepala sekolah.
  • Adaptif dan fleksibel, memungkinkan perubahan serta pembaharuan saat pelaksanaan PTK.
  • Bertujuan akhir untuk meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar dengan melalui cara tertentu.