-->

Download Skripsi Penelitian Etnografi Kualitatif Terlengkap

Download skripsi penelitian etnografi kualitatif (penelitian kualitatif pendekatan etnografi) terlengkap bentuk pdf.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Penelitian etnografi ialah penelitian kualitatif yang melaksanakan penelitian terhadap kehidupan pada suatu kelompok secara alami untuk mencerminkan dan mempelajari pola budaya kelompok tersebut dalam hal bahasa, pandangan, dan kepercayaan yang dianut kelompok itu. Penelitian etnografi bertujuan untuk memahami pandangan hidup objek penelitian dari sudut pandang objek penelitian.

Penelitian etnografi ialah penelitian yang menginterpretasikan dan mendeskripsikan budaya, sistem, serta kelompok sosial. Penelitian etnografi umumnya dipusatkan pada bahasa, kepercayaan, pola-pola kegiatan, cara hidup, dan ritual. Proses penelitian etnografi dilakukan di lapangan dalam jangka waktu yang relatif lama, berbentuk wawancara dan observasi dengan cara alamiah bersama informan, dalam bentuk kegiatan bersama, serta mengumpulkan benda-benda dan dokumen.

Hasil penelitian etnografi bersifat naratif deskriptif dan komprehensif yang mempunyai sifat menyeluruh disertai suatu interpretasi yang mengintegrasikan aspek-aspek kehidupan serta mencerminkan kompleksitas kehidupan. Beberapa peneliti etnografi melaksanakan penelitian mikro-etnografi yang difokuskan pada satu aspek saja. Misalnya dalam pendidikan difokuskan pada kegiatan pembaruan seperti implementasi kurikulum terintegrasi, pembelajaran kontekstual dan sebagainya.

Readmore:

Dalam melaksanakan penelitian, seorang etnografer (peneliti etnografi) harus membangun interaksi secara dekat dengan partisipan. Penelitian etnografi meneliti proses serta hasil akhir. Akhir penelitian etnografi ialah tulisan tentang gambaran detail yang mendalam tentang objek penelitan. Seorang etnografer melaksanakan eksplorasi terhadap kehidupan sehari-hari dari objek penelitiannya, melakukan mewawancara dan pengamatan terhadap anggota kelompok yang terlibat.

Peneliti melakukan penelitian etnografi jika penelitian tersebut mampu memberikan pemahaman mengenai problem yang luas. Peneliti dapat melakukan etnografi saat terdapat kelompok untuk belajar berbagi budaya serta mengembangkan nilai-nilai, kepercayaan, serta bahasa. Etnografi dapat memberikan informasi yang rinci mengenai kegiatan sehari-hari, contohnya seperti pemikiran dan kegiatan komite sekolah untuk mencari kepala sekolah baru. Ketika melaksanakan peneltian etnografi, peneliti mempunyai akses jangka panjang untuk berbagi budaya, sehingga peneliti bisa membuat catatan rinci mengenai perilaku serta keyakinan objek penelitian dari waktu ke waktu.

Contoh Judul Penelitian Etnografi Kualitatif Terlengkap:

  • Studi etnografi kehidupan suku Badui
  • Interaksi sosial pada fans JKT48
  • Mengulas kehidupan komunitas backpacker
  • Gaya komunikasi suku Asmat
  • Perilaku penyimpangan sosial remaja
  • Kehidupan pengamen anak-anak