-->

Skripsi Kualitatif: Tradisi Rebo Kasan

Download skripsi sejarah dan kebudayaan Islam penelitian kualitatif: Tradisi Rebo Kasan dalam bentuk pdf.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Setiap masyarakat mempunyai kebudayaan khusus. Hal ini disebabkan karena kondisi sosial budaya dalam masyarakat yang berbeda. Kebudayaan sebagai suatu cara berpikir serta cara mengemukakan diri dalam semua segi kehidupan manusia, membangun kesatuan sosial di dalam suatu waktu atau ruang.

Cara berpikir serta merasa merupakan keperluan batiniah, serta termanifestasi ke dalam cara berlaku serta cara berbuat. Contoh keperluan batiniah manusia ialah kepercayaan yang terdiri dari kepercayaan mengenai roh, kekuatan ghaib dan sebagainya.

Kebudayaan adalah sesuatu yang kompleks yang meliputi kepercayaan, pengetahuan, moral, kesenian, keterampilan, adat istiadat, serta kebiasaan-kebiasaan yang diperoleh manusia sebagai anggota di dalam masyarakat.

Readmore:

Kebudayaan terdiri atas pola-pola nyata serta tersembunyi di dalam perilaku masyarakat yang dicatat serta dirumuskan oleh manusia lewat simbol-simbol. Simbol tersebut menjadi petunjuk yang tegas bagi manusia.

Kebudayaan adalah kesatuan dari simbol-simbol, gagasan, serta nilai yang mendasari perilaku manusia serta hasil karyanya. Kebudayaan yang berkembang di dalam masyarakat dan dilakukan oleh manusia dengan secara terus-menerus, akhirnya akan menjadi tradisi. Tradisi yang terdapat di dalam masyarakat dipengaruhi oleh agama yang berkembang.

Dari banyaknya tradisi serta upacara adat yang ada di Indonesia, ada suatu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Tradisi itu ialah tradisi rebo kasan atau rebo pungkasan (wekasan). Rebo kasan (rebo wekasan) ini ialah suatu tradisi yang dilaksanakan pada hari rabu terakhir di bulan Shafar yang bertujuan untuk menolak balak atau menghilangkan malapetaka dari suatu daerah. Tradisi rebo kasan yang dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat ini mempunyai tujuan untuk meminta perlindungan dan keselamatan kepada Tuhan supaya terhindar dari balak serta marabahaya yang tak diinginkan.

Rumusan Masalah:

  • Bagaimanakah asal usul tradisi Rebo Kasan?
  • Simbol-simbol apa sajakah yang terdapat dalam tradisi Rebo Kasan?
  • Apa sajakah nilai-nilai yang terdapat dalam tradisi Rebo Kasan?

Tujuan Penelitian:

  • Untuk mendeskripsikan tradisi Rebo Kasan yang tetap dilestarikan oleh masyarakat.
  • Untuk mendeskripsikan simbol-simbol yang ada di dalam tradisi Rebo Kasan.
  • Untuk memahami dan mengetahui nilai-nilai yang terdapat di dalam tradisi Rebo Kasan.

Download Proposal Skripsi:

Link Download: