-->

Download Skripsi Penelitian Fenomenologi Kualitatif Terlengkap

Download skripsi penelitian fenomenologi kualitatif (penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi) dalam bentuk pdf.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Skripsi adalah suatu karya ilmiah yang ditulis mahasiswa program sarjana pada akhir bidang studi. Skripsi adalah suatu persyaratan dalam menyelesaikan studi program serta ditulis berlandaskan hasil pengembangan, hasil penelitian di lapangan, dan hasil kajian pustaka. Skripsi merupakan karya akhir yang dianggap dapat memberikan indikator ketercapaian atau pemahaman mahasiswa yang bersangkutan.

Fenomenologi ialah suatu pendekatan yang dipakai untuk mengerjakan skripsi penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi bertujuan untuk menangkap beraneka macam persoalan yang terdapat di masyarakat serta mengungkap makna yang ada di dalamnya.

Fenomenologi berasal dari bahasa Yunani yaitu pahainomenon yang mempunyai maksud segala sesuatu atau gejala yang menampakkan diri. Fenomenologi ditafsirkan sebagai studi yang bertujuan untuk menganalisa dengan cara introspektif dan deskriptif mengenai segala bentuk kesadaran manusia serta pengalamannya baik aspek konseptual, inderawi, estetis, moral, serta religius.

Readmore:

Fenomenologi mempunyai beberapa kelebihan. Pertama, fenomenologi bisa mendeskripsikan serta mencerminkan suatu kejadian tanpa memanipulasi data. Peneliti harus mengesampingkan pemahaman mengenai adat, agama, serta ilmu pengetahuan supaya kebenaran yang ditemukan menjadi objektif. Kedua, fenomenologi memandang objeknya sebagai sesuatu yang utuh serta tidak terpisahkan dengan objek lain. Artinya, fenomenologi memfokuskan pada pendekatan holistik sehingga didapatkan pemahaman yang utuh mengenai suatu objek.

Fenomenologi juga mempunyai kekurangan. Banyak peneliti kontemporer yang memanfaatkan pendekatan fenomenologi namun pada kenyataanya jarang menghubungkannya dengan prinsip dan filosofi fenomenologi. Pengumpulan data penelitian fenomenologi dilakukan dengan observasi serta wawancara. Fokus utama fenomenologi ialah makna berbagai peristiwa, pengalaman, serta status partisipan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman serta memfokuskan pendapat individu mengenai pengalaman pada peristiwa.

Contoh Judul Penelitian Fenomenologi Kualitatif Terlengkap:

  • Studi Fenomenologi pada penderita HIV.
  • Pola Belajar Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional.
  • Intensitas Merokok pada Anak di Bawah Umur.
  • Studi Fenomenologi terhadap Anak Jalanan.
  • Kerudung sebagai Gaya Hidup Remaja (Studi Fenomenologi tentang Alasan Remaja Memakai Kerudung).
  • Tingkat Motivasi Belajar pada Siswa Kelas Rendah.
  • Studi Fenomenologi Pengalaman menjadi Ayah Tunggal.
  • Pengalaman Wanita Tuna Susila.
  • Studi Fenomenologi Anak yang Menjadi Tulang Punggung Keluarga.