-->

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Empiris

Pengertian, tujuan, contoh tindakan, dan contoh judul proposal skripsi penelitian tindakan kelas (PTK) empiris.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Penelitian tindakan kelas (PTK) empiris merupakan penelitian yang berupaya melaksanakan suatu tindakan dan mencatat apa yang terjadi dan apa yang dilakukan selama tindakan berlangsung. Proses penelitian empiris pada prinsipnya berkaitan dengan penyimpanan catatan serta pengumpulan pengalaman peneliti di lingkungan kerja sehari-hari.

Ide dasar penelitian tindakan kelas (PTK) empiris yaitu melakukan tindakan dan mencatat tentang apa yang dilakukan dan yang telah terjadi. Dalam penelitan empiris, peneliti bertanggung jawab pada penerapan tindakan dan penelitian. Hal ini memberi keuntungan peneliti sehingga memungkinkan peneliti mendapatkan pengetahuan penuh terhadap hal-hal rinci mengenai apa yang diteliti.

Secara ideal, penelitian empiris dilaksanakan dengan menerapkan penelitian pada berbagai kelompok sejenis. Peneliti mencatat metode yang akan digunakan pada suatu kelompok dan menyatakan hipotesis tentang perubahan sikap dan perilaku yang akan terjadi pada anggota kelompok. Peneliti mencatat apa yang dikerjakan, kejadian apa yang mungkin berpengaruh terhadap anggota kelompok, dan perubahan apa yang timbul pada anggota kelompok tersebut. Pada akhir penelitian, peneliti mencatat tentang apakah hipotesisnya terbukti benar atau salah.

Readmore:

Penelitian empiris mempunyai kekurangan yaitu kesimpulan yang dihasilkan kelompok terdapat perbedaan yang tidak terkendali. Hal ini dikarenakan pada penelitian ini dilakukan pada lingkungan yang tidak diatur, di mana pengaruh variabel lain yang mungkin berpengaruh pada penelitian tidak dapat dikendalikan oleh peneliti.

Kekurangan lainnya yaitu peneliti sulit untuk merumuskan hipotesis, hal ini dapat di atasi dengan mempelajari jenis penelitian yang lebih formal. Peneliti yang merangkap sebagai pelaku tindakan juga mungkin mengalami kesulitan untuk mengalokasikan waktu pencatatan pengamatannya secara penuh.

Kekurangan selanjutnya yaitu pada masalah objektivitas. Faktor eksternal yang dapat berpengaruh pada subjek penelitian dan penjelasan peneliti dapat berubah menjadi bias dikarenakan subjektivitas peneliti. Hal ini dapat menyebabkan peneliti mengambil kesimpulan pada penelitian yang bermuatan subjektif.

Contoh penelitian tindakan kelas (PTK) empiris yaitu misalnya peneliti ingin menguji metode discovery learning pada pembelajaran matematika materi bilangan pecahan. Peneliti kemudian membuat hipotesis tentang perubahan yang akan terjadi, peneliti lalu mencatat apa yang dikerjakan dan kejadian apa yang berpengaruh pada objek penelitian. Terakhir, peneliti menyimpulkan apakah hipotesisnya terbukti benar atau salah.

Contoh judul proposal skripsi penelitian tindakan kelas (PTK) empiris:

Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah dengan Penggunaan Model Inkuiri
Pembelajaran dengan Model Realistic Mathematical Education (RME) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Matematika
Penguasaan Teknik Dasar Lempar Cakram melalui Penggunaan Alat Peraga
Meningkatkan Keterampilan Apresiasi melalui Metode Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division)
Peningkatan Kemampuan Berbahasa dengan Pendekatan Integratif
Peningkatan Prestasi Belajar Materi Bilangan Bulat dengan Menggunakan Permainan Puzzle
Peningkatan Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif
Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan dengan Memanfaatkan Media Pop Up
Readmore: Download Contoh Proposal Skripsi Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Empiris.
Meningkatkan Keterampilan Menulis melalui Teknik Parafrase
Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat
Upaya Peningkatan Pemahaman Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA melalui Metode Demonstrasi
Upaya Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Discovery Learning
Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Menggunakan Media Pembelajaran Cerita Bergambar
Upaya Peningkatan Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar melalui Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek
Peningkatan Hasil Belajar melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Mencari Pasangan
Readmore: Download Contoh Proposal Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Lengkap.