--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Penelitian tindakan kelas (PTK) eksperimental yaitu penelitian tentang penerapan berbagai teknik dan strategi pembelajaran yang dinilai lebih efisien dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Peneliti berusaha mengimplementasikan berbagai teknik atau strategi tersebut secara efesien dan efektif di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bermanfaat untuk memperoleh tujuan pembelajaran yang dilaksanakan sehingga pembelajaran dapat dengan mudah diterima oleh murid di dalam kelas.
Penelitian tindakan kelas (PTK) eksperimental digunakan pada lingkungan penelitian yang dikendalikan dan peneliti mengontrol faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap subjek penelitian. Dengan kata lain, peneliti mengatur lingkungan penelitian agar bersih dari pengaruh variabel-variabel yang dapat mengganggu penelitian.
Penelitian tindakan kelas (PTK) eksperimental memiliki kelebihan pada validitas internal dan memiliki kekurangan pada validitas eksternal. Dimungkinkan terdapat beberapa teknik atau strategi dalam kegitan belajar mengajar yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Peneliti diharapkan mampu menentukan teknik dan strategi yang paling efisien dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Secara sederhana, penelitian tindakan kelas (PTK) eksperimental mencoba untuk menyelidiki efektivitas berbagai tindakan dalam pembelajaran. Hal tersebut berasal dari ide dasar peneliti bahwa terdapat berbagai cara dan tindakan untuk menyelesaikan permasalahan tertentu. Pokok kajian penelitian ini terletak pada cara dan tindakan apa yang paling efektif dan efisien dalam menyelesaikan permasalahan.
Contoh penelitian tindakan kelas (PTK) eksperimental yaitu misalnya peneliti ingin menguji berbagai metode dan teknik pembelajaran yang paling tepat diterapkan pada pembelajaran menulis karangan. Lalu guru menentukan mana teknik dan metode yang paling efektif dan efisien untuk diterapkan pada pembelajaran menulis karangan.
Penelitian tindakan kelas (PTK) eksperimental digunakan pada lingkungan penelitian yang dikendalikan dan peneliti mengontrol faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap subjek penelitian. Dengan kata lain, peneliti mengatur lingkungan penelitian agar bersih dari pengaruh variabel-variabel yang dapat mengganggu penelitian.
Penelitian tindakan kelas (PTK) eksperimental memiliki kelebihan pada validitas internal dan memiliki kekurangan pada validitas eksternal. Dimungkinkan terdapat beberapa teknik atau strategi dalam kegitan belajar mengajar yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Peneliti diharapkan mampu menentukan teknik dan strategi yang paling efisien dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Readmore:
Secara sederhana, penelitian tindakan kelas (PTK) eksperimental mencoba untuk menyelidiki efektivitas berbagai tindakan dalam pembelajaran. Hal tersebut berasal dari ide dasar peneliti bahwa terdapat berbagai cara dan tindakan untuk menyelesaikan permasalahan tertentu. Pokok kajian penelitian ini terletak pada cara dan tindakan apa yang paling efektif dan efisien dalam menyelesaikan permasalahan.
Contoh penelitian tindakan kelas (PTK) eksperimental yaitu misalnya peneliti ingin menguji berbagai metode dan teknik pembelajaran yang paling tepat diterapkan pada pembelajaran menulis karangan. Lalu guru menentukan mana teknik dan metode yang paling efektif dan efisien untuk diterapkan pada pembelajaran menulis karangan.
Contoh Judul Proposal Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Eksperimental:
- Penerapan Model Problem Based Learning dalam Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah
- Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Assisted Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis
- Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kualitas Menulis Narasi
- Penerapan Pendekatan Tematik dalam Upaya Meningkatkan Prestasi dan Kualitas Belajar Siswa
- Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Penerapan Metode Bermain Peran
- Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Memanfaatkan Media Cerita Bergambar
- Penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Penjelasan Hubungan Cerpen dan Realitas Sosial
- Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Menggunakan Teknik Pembelajaran Bercerita Berpasangan
- Peningkatan Kemampuan Menulis melalui Pemanfaatan Media Audio Visual
- Meningkatkan Kompetensi Membaca Artikel melalui Pembelajaran Membaca Ekstensif
- Penerapan Strategi Pembelajaran Catatan Terbimbing untuk Meningkatkan Kompetensi Menyimak
- Peningkatan Keterampilan Menulis Memorandum melalui Penggunaan Model Pembelajaran Tulis Berantai
- Readmore: Download Contoh Proposal Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Eksperimental.
- Upaya Peningkatan Motivasi dan Minat Belajar melalui Metode Pembelajaran Ceramah Bervariasi pada Pembelajaran IPS
- Upaya Peningkatan Motivasi Belajar melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching
- Upaya Peningkatan Motivasi Belajar melalui Pendekatan Pembelajaran Eksploratory Discovery
- Upaya Peningkatan Prestasi dan Aktivitas Belajar dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe Jigsaw
- Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui Metode Pembelajaran Sosiodrama
- Usaha Peningkatan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan melalui Pendekatan Kontekstual
- Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif dengan Menggunakan Metode Pembelajaran P2R
- Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Metode Pembelajaran Pola Latihan Berjenjang
- Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Pemberian Penguatan
- Peningjkatan Daya Kreativitas melalui Metode Pemberian Tugas
- Meningkatkan Ketrampilan Menulis melalui Pemanfaatan Media Gambar
- Peningkatan Kreativitas Peserta Didik melalui Bimbingan Karir
- Readmore: Download Contoh Proposal Skripsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Lengkap.