-->

Proposal PTK: Penggunaan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

Download proposal skripsi PTK: Penggunaan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Prestasi Belajar dalam bentuk pdf.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Guru matematika sekolah dasar memiliki tugas yang begitu kompleks yakni memahami secara baik materi yang akan diajarkan, memahami dan memanfaatkan secara baik siswa dalam belajar matematika, memahami cara pegajaran matematika yang efektif, dan memanfaatkan cara cara pengajaran matematika.

Tujuan pembelajaran matematika yaitu mengembangkan keterampilan penalaran melalui kegiatan panyelidikan ekspositoris dan eksperimen sebagai alat penyelesaian problem melalui model matematika dan pola pikir serta sebagai alat berkomunikasi lewat simbol, grafik, tabel, dan diagram dalam penjelasan gagasan.

Memasuki abad ke-21, terdapat tantangan dalam dunia pendidikan terutama dalam bidang kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang begitu pesat. Perubahan masyarakat dalam bidang sosial budaya serta berkembangnya isu rendahnya kualitas pendidikan. Sehingga, dalam mengatasi tantangan tersebut, perlu adanya perubahan dalam dunia pendidkan baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Berbagai macam upaya telah dilaksanakan, misalnya dikeluarkan UU Sisdiknas Nomor 2 tahun 1985 dan program wajib belajar 9 tahun serta diberlakukannya kurikulum baru.

Readmore:

Tetapi, satu hal terpenting yaitu pendidik sebagai pelaksana pembelajaran dalam pencapaian tujuan pembelajaran perlu meningkatkan kualitas di dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya dengan memperhatikan cara penyampaian pengetahuan yang dimiliki oleh pendidik kepada siswanya. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk melaksanakan suatu penelitian tindakan kelas untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Metode penemuan (inkuiri) di dalam pembelajaran matematika diharapkan bisa mendorong peserta didik di dalam memahami tentang fakta maupun relasi matematika yang masih baru bagi peserta didik, misalnya tentang sifat-sifat, pola, atau rumus. Setelah menemukan fakta, peserta didik akan diminta untuk menyimpulkan suatu generasi yang telah mereka temukan sendiri.

Rumusan Masalah:

  • Bagaimana pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan/inkuiri dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada pelajaran matematika?
  • Bagaimana meningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi pelajaran matematika dengan penggunaaan metode penemuan /inkuiri?
  • Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode inkuiri?

Tujuan Penelitian:

  • Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada pelajaran matematika
  • Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi pembelajaran matematika dengan penggunaan metode inkuiri
  • Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode inkuiri

Download Proposal Skripsi:

Link Download: