-->

Skripsi Kualitatif: Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran

Download Skripsi Ilmu Komunikasi: Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Mahasiswa tentunya tidak asing dengan pemanfaatan smartphone, seperti untuk mengakses halaman pribadi mahasiswa atau portal akademik, mengakses materi pengajaran, mencari tahu mengenai jadwal kuliah, mencari berbagai hal serta informasi tentang kegiatan kampus yang membutuhkan koneksi internet. Hampir semua mahasiswa mempunyai smartphone, tetapi terdapat juga mahasiswa yang mempunyai handphone (mobile phone). Dengan potensi serta kelebihan yang dipunyainya, pengajaran lewat smartphone diharapkan akan bisa menjadi sumber belajar yang bisa meningkatkan efisiensi serta efektifitas proses pembelajaran, karena sekarang smartphone telah umum dimiliki kalangan pelajar.

Berbagai fungsi smartphone tentu saja mempunyai dampak positif serta negatif. Smartphone yang dipunyai oleh pelajar tentunya bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Smartphone ialah suatu alat yang menyediakan aplikasi yang bisa mengembangkan pengetahuan. Peserta didik akan dimudahkan dengan perkembangan tersebut apabila peserta didik mengoptimalkan fungsi dan fitur aplikasi dalam smartphone, seperti google (mesin pencarian), materi pelajaran, dan e-book yang lengkap serta bisa diakses kapan saja.

Di lain sisi, terdapat dampak negatif smartphone. Pelajar harus dapat bersikap secara bijaksana dalam memanfaatkan smartphone, karena bisa membuat kita ketergantungan. Dampak negatif yang terlihat dalam perkuliahan yakni tak sedikit dosen yang kerap mengeluhkan penyimpangan pemanfaatan smartphone yang mengganggu pembelajaran. Misalnya, pada saat proses pembelajaran di kelas, smartphone dimanfaatkan untuk membuka medsos, bermain game, bahkan chatting. Hal tersebut tentu akan berpengaruh kepada konsentrasi belajar saat menjalankan aktivitas belajar.

Readmore:

Konsentrasi adalah faktor penting saat peserta didik menjalankan aktivitas belajar, konsentrasi peserta didik sangat dibutuhkan untuk menerima pembelajaran yang diberikan. Apabila konsentrasi peserta didik rendah, maka proses belajar pun akan bermutu rendah. Hal itu berdampak pada ketidakseriusan belajar serta tingkat pemahaman menjadi berkurang. Dengan perhatian peserta didik terhadap materi pelajaran, peserta didik akan senang mengikuti pembelajaran sehingga lebih mudah memahami materi.

Selain dimanfaatkan dalam kegiatan belajar, tak sedikit mahasiswa yang memanfaatkan smartphone untuk mencontek saat ujian. Dalam hal tersebut, perkembangan teknologi tidak bisa menunjang kegiatan belajar mengajar secara baik karena peserta didik lebih banyak memanfaatkan smartphonenya untuk kegiatan selain belajar. Smartphone adalah suatu bentuk teknologi komunikasi canggih yang seakan tak bisa lepas dari genggaman banyak orang. Kemunculannya didorong oleh keperluan manusia dalam menghadapi berbagai problem untuk diselesaikan secara cepat serta singkat.

Smartphone mempunyai keterampilan seperti komputer yang didukung sistem operasi canggih, fungsinya yang efisien dan efektif bisa dipakai kapan saja serta di mana saja. Keberadaan smartphone tentu mempermudah manusia untuk berkomunikasi jarak jauh. Smartphone tidak hanya dipakai untuk berkomunikasi, tetapi dapat berfungsi sebagai perekam video, kamera, pemutar musik, peta digital, dan jaringan internet. Fasilitas yang disediakan smartphone seperti komputer, namun bentuknya lebih kecil serta praktis. Hal tersebut yang membuat smartphone banyak dipunyai oleh masyarakat.

Rumusan Masalah:

  • Bagaimana penggunaan smartphone dalam pembelajaran di kalangan mahasiswa?

Tujuan Penelitian:

  • Untuk menganalisis fungsi smartphone di kalangan mahasiswa.
  • Untuk menganalis penggunaan smartphone dalam pembelajaran di kalangan mahasiswa.

Download Proposal Skripsi:

Link Download: