-->

Metode Penelitian True Eksperimen Kuantitatif

Pengertian, karakteristik, kelebihan, kekurangan, jenis, dan contoh judul metode penelitian true eksperimen kuantitatif.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Metode penelitian true eksperimen kuantitatif merupakan desain penelitian di mana peneliti dapat mengendalikan semua variabel yang dapat mempengaruhi proses penelitian, sehingga validitas internal akan menjadi tinggi. Ciri utama penelitian true eksperimen yaitu pemilihan sampel pada kelompok eksperimen ataupun kelompok pembanding diambil secara acak dari suatu populasi.

Metode penelitian true eksperimen kuantitatif meneliti kemungkinan hubungan sebab dan akibat. Pada penelitian ini terdapat kelompok eksperimen dan juga kelompok pembanding sebagai subjek perbandingan hasil perlakuan dengan pemantauan secara ketat. Peneliti mampu untuk mengontrol variabel yang mempengaruhi proses penelitian, sehingga validitas internal penelitian ini menjadi tinggi.

Metode penelitian true eksperimen kuantitatif merupakan penelitian yang benar-benar eksperimen, karena peneliti dapat mengatur semua variabel yang mempengaruhi proses penelitian. Sampel penelitian true eksperimen diambil dari suatu kelompok secara acak, baik sampel dari kelompok eksperimen maupun dari kelompok pembanding semuanya diambil secara acak.

Readmore:

Karakteristik dan Ciri-Ciri Metode Penelitian True Eksperimen Kuantitatif:

  • Kondisi yang diperkirakan akan mempengaruhi subjek eksperimen sebaiknya dijauhkan, sehingga perbedaan hasil antara kelompok ekperimen dengan kelompok pembanding merupakan hasil akibat dari perlakuan penelitian.
  • Terdapat kelompok pembanding yang tidak diberikan perlakuan oleh peneliti sebagai pembanding kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan. Pada akhir penelitian, hasil kedua kelompok tersebut dibandingkan.
  • Diusahakan kondisi kedua kelompok sama sebelum diadakan penelitian, sehingga hasil akhir dapat benar-benar merupakan hasil ada tidaknya perlakuan.
  • Anggota kelompok pembanding maupun eksperimen diharapkan agar tidak terpengaruh oleh status subjek, sehingga hasil penelitian tidak terkena efek samping status tersebut.

Kelebihan Metode Penelitian True Eksperimen Kuantitatif:

  • Merupakan metode terbaik untuk menemukan efek kausal dari suatu tindakan.
  • Memiliki kemampuan kontrol yang tinggi akan lingkungan.
  • Pemilihan acak terhadap subjek sampel yang luas.
  • Mempunyai kemampuan untuk memanipulasi variabel penelitian.
  • Waktu yang tersedia cukup untuk memberikan treatment.
  • Kondisi kelompok eksperimen dan pembanding berada pada kondisi dan keadaan yang sama.

Jenis-Jenis Metode Penelitian True Eksperimen Kuantitatif:

  • Randomized control-group pretest-posttest design, adalah penelitian yang menggunakan kelompok pembanding. Pada kelompok eksperimen dan pembanding dilakukan penelitian secara acak. Peneliti melakukan pengukuran lebih dulu sebelum melakukan perlakuan dan setelah perlakuan.
  • Solomon three group design, merupakan desain penelitian di mana peneliti menggunakan tiga kelompok, yaitu dua kelompok pembanding dan satu kelompok eksperimen. Ketiga kelompok tersebut diacak menggunakan prinsip random asigment. Pada metode ini, satu kelompok pembanding tanpa diberikan pretest tetapi tetap sebagai kelompok pembanding.
  • Solomon four group design, adalah desain penelitian yang membentuk beberapa perbandingan untuk memahami pengaruh penelitian. Desain ini mempunyai dua kelompok dengan pretest serta dua kelompok tanpa pretest, satu kelompok dengan pretest dan satu kelompok tidak dengan pretest menerima perlakuan penelitian.
  • Factorial design, yaitu desain penelitian yang memungkinkan adanya suatu variabel moderator yang dapat mempengaruhi hasil perlakuan.

Contoh Judul Proposal Skripsi Metode Penelitian True Eksperimen Kuantitatif:

Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share dalam Peningkatan Motivasi Belajar
Pengaruh Media Ilustrasi Musik terhadap Kemampuan Musikal
Readmore: Download Contoh Proposal Skripsi Metode Penelitian True Eksperimen Kuantitatif.
Pengaruh Metode Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik
Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Pembelajaran Peserta Didik
Readmore: Download Contoh Proposal Skripsi Penelitian Kuantitatif Lengkap.