-->

Metode Penelitian Quasi Eksperimen Kuantitatif

Pengertian, karakteristik, kelebihan, kekurangan, jenis, dan contoh judul metode penelitian quasi eksperimen kuantitatif

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Metode penelitian quasi eksperimen kuantitatif merupakan penelitian yang memberikan perlakuan dan mengukur akibat perlakuan namun tidak menggunakan sampel acak untuk menyimpulkan perubahan yang disebabkan perlakuan tersebut. Pada penelitian lapangan pada umumnya dilaksanakan dengan menggunakan quasi eksperimen (eksperimen semu).

Metode penelitian quasi eksperimen kuantitatif pada dasarnya sama seperti eksperimen murni. Namun pada quasi eksperimen, peneliti tidak mempunyai kebebasan untuk memanipulasi subjek. Dalam penelitian ini, penentuan kelompok eksperimen dan kontrol ditetapkan dengan menggunakan kelompok acak.

Metode penelitian quasi eksperimen kuantitatif bertujuan untuk menunjukkan hubungan sebab dan akibat dengan melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, namun kedua kelompok tersebut tidak dipilih dengan acak. Penelitian quasi eksperimen juga bertujuan untuk menyelidiki hubungan dan mengklarifikasi penyebab terjadinya peristiwa.

Readmore:

Karakteristik dan Ciri-Ciri Metode Penelitian Quasi Eksperimen Kuantitatif:

  • Objek penelitian diuji dengan beberapa kondisi dan metode.
  • Dapat mengukur beberapa hal.
  • Membandingkan perbedaan hasil metode yang digunakan.
  • Peserta diuji menggunakan metode acak pada penelitian murni, sedangkan pada penelitian quasi tidak acak.
  • Peneliti perlu membuat statistik dengan mencoba metode yang ada.
  • Hipotesisnya sama kuat karena kurangnya kontrol pada penelitian semu.

Kelebihan Metode Penelitian Quasi Eksperimen Kuantitatif:

  • Tidak mempunyai batasan yang ketat terhadap pemilihan sampel dan dapat mengontrol ancaman-ancaman validitas.

Kekurangan Metode Penelitian Quasi Eksperimen Kuantitatif:

  • Pengelompokan anggota pada kelompok eksperimen ataupun kelompok kontrol tidak secara acak.
  • Kontrol terhadap variabel yang mempengaruhi penelitian tidak dilakukan, karena penelitian ini dilakukan pada masyarakat.

Jenis Rancangan Metode Penelitian Quasi Eksperimen Kuantitatif:

  • The time series experiment, pada desain ini dilakukan beberapa kali observasi terhadap subjek sebelum diberikan perlakuan. Kemudian dilakukan perlakuan dan dilanjutkan dengan observasi beberapa kali dengan instrumen yang sama. Pada rancangan ini, kelompok penelitian tidak ditentukan secara acak. Pemberian pretest dimaksudkan untuk mengetahui kestabilan kelompok, jika hasil pretest nilainya berbeda maka kelompok tersebut tidak konsisten. Setelah kestabilan kelompok diketahui, lalu diberikan perlakuan. Desain ini hanya memerlukan satu kelompok saja, tanpa kelompok kontrol.
  • The non-equivalent group design, pada desain ini menggunakan pretest untuk kelompok eksperimen dan kontrol yang hasilnya akan menjadi dasar penentuan perubahan. Selain itu dapat meminimalisir kecondongan seleksi. Pemberian posttest akan dapat memperlihatkan seberapa besar akibat perlakuan. Pada rancangan penelitian ini, kelompok eksperimen dan kontrol tidak ditentukan secara acak. Dalam rancangan ini, kelompok eksperimental maupun kontrol dibandingkan, walaupun kelompok tersebut dipilih tidak secara acak. Dua kelompok tersebut diberikan pretest, lalu diberikan perlakuan, dan kemudian diberikan posttest.
  • The equivalent time series samples design, desain ini hampir sama dengan the time series design namun yang membedakannya yaitu perlakuannya dilakukan berulangkali dan diselingi oleh periode yang tidak diberikan perlakuan.
  • Conterbalanced design, pada rancangan penelitian ini semua kelompok baik kelompok eksperimen maupun kontrol menerima perlakuan, hanya urutan perlakuannya berbeda dan dilakukan dengan acak.
  • Factorial design, selalu melibatkan beberapa variabel bebas. Desain ini bertujuan untuk memastikan efek suatu variabel penelitian dapat digeneralisasikan.

Contoh Judul Proposal Skripsi Metode Penelitian Quasi Eksperimen Kuantitatif:

Pengaruh Metode Pembelajaran Picture and Picture terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik
Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Gaya Hidup Sehat terhadap Kesehatan Warga
Readmore: Download Contoh Proposal Skripsi Metode Penelitian Quasi Eksperimen Kuantitatif.
Pengaruh Strategi Pembelajaran True or False Berbasis Kartu Domino terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik
Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Metode Pembelajaran Sortir Kartu dengan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament
Readmore: Download Contoh Proposal Skripsi Penelitian Kuantitatif Lengkap.