-->

Proposal Kualitatif: Minat Kegiatan Kepramukaan Siswa Sekolah Dasar

Download proposal skripsi penelitian kualitatif: Minat Kegiatan Kepramukaan Siswa Sekolah Dasar dalam bentuk pdf.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Salah satu faktor yang menentukan kemajuan suatu negara merupakan sumber daya manusia. Sumber daya manusia handal dan bermutu diperlukan dalam menghadapi persaingan bangsa di dunia internasional yang mengglobal. Sektor strategis yang dapat mewujudkan meningkatnya sumber daya manusia merupakan sektor pendidikan, termasuk pendidikan untuk anak-anak.

Untuk itu, keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran sangat diharapkan supaya terlaksananya suatu tujuan pendidikan. Sistem pendidikan nasional diselenggarakan lewat dua jalur, yakni melalui jalur pendidikan sekolah (formal) dan jalur pendidikan luar sekolah (nonformal). Jalur pendidikan sekolah adalah pendidikan yang diselenggarakan di dalam sekolah melalui proses pembelajaran secara bertingkat dan berkelanjutan. Jenjang pendidikan sekolah meliputi pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.

Sedangkan jalur pendidikan luar sekolah dapat diselenggarakan di dalam ataupun di luar sekolah, tidak harus secara berjenjang dan tidak harus berkelanjutan. Salah satu jalur pendidikan luar sekolah merupakan pendidikan kepramukaan. Pendidikan pramuka merupakan suatu segi pendidikan yang penting, karena termasuk bagian dari perjuangan bangsa indonesia dan target yang diharapkan dari kegiatan kepramukaan merupakan pembentukan kepribadian (building character) yang berpegang teguh pada trisatya dan dasadharma.

Readmore:

Gerakan pramuka juga ikut memberikan kontribusi dalam membangun generasi muda yang berbudaya dan berkarakter. Pramuka selalu mendukung pemerintah dalam upaya mempertahankan, menumbuh kembangkan serta memacu terbentuknya generasi muda yang berbudaya dan karakter meskipun akhir-akhir ini gerakan pramuka kurang mendapat apresiasi kaum muda.

Selain itu, kegiatan pramuka di sekolah dasar biasanya dilakukan menjelang akan diadakannya kegiatan pesta siaga/ kegiatan pertemuan anggota siaga, padahal kita tidak tahu seberapa besar kehendak peserta didik untuk menjalankan kegiatan kepramukaan tersebut karena gerakan pramuka harus menjadi wadah terbentuknya watak, kepribadian dan akhlak mulia kaum muda.

Rumusan Masalah:

  • Bagaimana minat kegiatan kepramukaan pada kelas IV SD?

Tujuan Penelitian:

  • Untuk mengetahui minat kegiatan kepramukaan pada kelas IV SD.

Download Proposal Skripsi:

Link Download: