-->

Skripsi Kualitatif: Perilaku Komunikasi Penggemar KPop

Download Skripsi Ilmu Komunikasi: Perilaku Komunikasi Penggemar KPop.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Korea Selatan adalah salah satu negara Asia yang menggunakan teknologi di dalam pertukaran informasi untuk memperkenalkan budaya mereka. Penamaan KPop bukanlah hal baru di Indonesia. KPop mulai dikenal Indonesia sesudah mewabahnya drama, musik, serta fashion Korea Selatan dikenal hampir semua kalangan.

Pada industri musik di Korea, semakin banyak bermunculan grup musik atau penyanyi baik laki-laki maupun perempuan. Musik yang sudah diproduksi lalu masuk ke Indonesia dan menarik perhatian masyarakat sehingga menimbulkan suatu reaksi. Album musik dipromosikan oleh perusahaan rekaman Korea Selatan dengan melalui media internet. Youtube mempunyai peran bagi produsen musik untuk mempromosikan video penyanyi mereka dalam bermusik.

Penerimaan masyarakat kepada musik tersebut menyebabkan timbulnya penggemar yang dikenal dengan KPop. Penggemar inilah yang banyak mempengaruhi pencapaian single serta album dari grup atau penyanyi di tangga lagu suatu negara maupun di dunia. Kemunculan video musik girlband atau boyband bagi KPop menjadi menarik untuk objek penelitian, karena musik mereka membawa serta budaya yang dinikmati hampir semua orang serta mampu mempengaruhi seseorang dengan cepat.

Readmore:

Perusahaan musik di Korea berlomba untuk merancang suatu karya dengan kreatifitas yang tinggi untuk menarik perhatian viewer. Semakin banyak video tersebut dipandang, berarti semakin banyak perhatian penonton, sehingga video tersebut akan dianggap populer. Penggemar KPop merupakan orang yang mempunyai pengalaman lebih dalam menonton video musik Korea.

Dari pengalaman peneliti, ditemukan suatu fakta bahwa video musik girlband blackpink kerap kali diputar serta menimbulkan beraneka ragam perilaku dari penggemar KPop, seperti gerakan tubuh, ikut bernyanyi, serta sebagainya. Kejadian inilah yang menjadi dasar pemikiran untuk menjalankan penelitian guna mencari tahu tentang perilaku komunikasi pada penggemar KPop sebagai audien video musik tersebut.

Rumusan Masalah:

  • Bagaimana perilaku komunikasi penggemar kpop sebagai audien video musik Blackpink?
  • Bagaimana perilaku penggunaan media dalam komunikasi penggemar kpop sebagai audien video musik Blackpink?

Tujuan Penelitian:

  • Mendeskripsikan perilaku komunikasi penggemar kpop sebagai audien video musik Blackpink.
  • Mendeskripsikan perilaku penggunaan media dalam komunikasi penggemar kpop sebagai audien video musik Blackpink.

Download Proposal Skripsi:

Link Download: