-->

Skripsi Kualitatif: Dinamika Interaksi Sosial pada Komunitas Marginal di Pedesaan

Download skripsi ilmu komunikasi penelitian kualitatif: Dinamika Interaksi Sosial pada Komunitas Marginal Pedesaan pdf.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Sejak lahir manusia berkembang serta tumbuh di lingkungan sosial. Lingkungan sosial sangat berperan penting di dalam perkembangan perilaku manusia, namun bawaan lahir serta sifat manusia terkadang memberi konsekuensi saat berekspresi selama proses interaksi sosial sedang berlangsung. Manusia tidak akan lepas hubungannya dengan orang lain karena merupakan makhluk sosial.

Kegiatan apapun yang dilaksanakan, manusia selalu memerlukan orang lain di dalam kesehariannya, bahkan terlibat bekerja sama dengan mereka. Oleh sebab itu, manusia harus selalu menjaga komunikasi dengan manusia lainnya demi terbentuknya hubungan yang baik antar sesama. Hubungan sosial adalah bentuk dinamika sosial budaya yang ada di dalam masyarakat.

Dengan demikian, hubungan sosial memungkinkan transformasi dalam masyarakat yang mewujudkan hal-hal baru serta membuat dinamika sosial menjadi hidup. Transformasi-transformasi ini terjadi dengan cara berkelanjutan dari salah satu generasi ke generasi selanjutnya. Transformasi tersebut tampak dalam susunan kehidupan dalam masyarakat dewasa ini.

Readmore:

Hal itu diiringi oleh perkembangan hubungan yang semakin modern serta maju. Perkembangan interaksi cenderung membuat hubungan sosial dengan masyarakat lain menjadi semakin mudah dilaksanakan.seiring perkembangan hubungan sosial, hubungan antara salah satu individu ataupun kelompok justru kerap mengalami hambatan karena terdapat perbedaan pandangan, perbedaan makna, serta perbedaan karakter dalam salah satu lingkungan.

Latar belakang sosial budaya kadang-kadang menjadi penyebab proses komunikasi serta interaksi sosial dalam salah satu masyarakat mengalami hambatan. Hal inilah yang terjadi di kampung Tallas. To Tallas adalah sebutan untuk orang yang bertempat tinggal di kampung tallas. Adanya istilah To Tallas dikarenakan masyarakat Tallas ialah orang yang hanya mengetahui pekerjaan kasar serta cenderung malas untuk melaksanakan sesuatu.

To Tallas kerap dianggap sebagai budak bagi masyarakat Samasundu. Mereka berasal dari masyarakat minoritas dan tidak diperlakukan dengan cara sama layaknya masyarakat pada umumnya, karena pandangan itulah yang membuat hubungan sosial To Tallas dengan masyarakat lain sangat terbatas. Terdapat semacam perlakuan yang tidak adil yang dirasakan oleh mereka dalam hal komunikasi dengan masyarakat Samasundu.

Rumusan Masalah:

  • Bagaimana kecenderungan To Tallas dalam memposisikan diri dengan kelompok lain dan kelompoknya dalam kaitannya dengan interaksi sosial mereka?
  • Pola komunikasi seperti apa yang dipraktekkan oleh To Tallas di dalam interaksi sosial mereka?

Tujuan Penelitian:

  • Untuk mengidentifikasi kecenderungan To Tallas di dalam memposisikan diri ke kelompok lain dan kelompoknya sendiri melalui interaksi sosial mereka.
  • Untuk mendeskripsikan pola komunikasi yang dipraktekkan oleh To Tallas di dalam konteks interaksi sosial mereka.

Download Proposal Skripsi:

Link Download: