-->

Skripsi Kualitatif: Etika Sosial dalam Masyarakat Tradisional Madura

Download skripsi sejarah dan kebudayaan Islam penelitian kualitatif: Etika Sosial dalam Masyarakat Tradisional Madura.

Ditulis oleh: Ide Proposal Skripsi
--- Ads 1 ---
--- Ads 2 ---
--- Ads 3 ---
Masyarakat pada masa ini ialah masyarakat yang semakin plural, termasuk aspek moralitas. Modernisasi selalu memaksa perubahan serta tidak hanya merambah wilayah kota, namun merambah wilayah pedalaman juga. Menjadi masyarakat yang terbuka sulit untuk dihindari serta setiap hari harus siap untuk menerima gempuran beraneka ragam ideologi dari luar.

Kondisi masyarakat beragama harus menghadapi dua situasi, keimanan yang mereka percayai serta kompleksitas kehidupan, bagaimanapun juga mereka harus selalu ikut berpartisipasi di dalam kehidupan. Dalam suasana sosial-budaya tersebut, usaha mengembangkan etika dalam masyarakat saat ini merupakan aktivitas yang wajar serta seharusnya. Fungsi etika yaitu sebagai orientasi dalam masyarakat.

Relevansi tersebut berlaku juga dalam konteks masyarakat Madura yang seperti kehilangan orientasi di antara dua arus utama yakni antara sisa tradisionalitas serta gempuran modernitas dalam berbagai bidang. Masyarakat Madura mempunyai norma moral sendiri yang dikenal dengan istilah tengka.

Readmore:

Masyarakat Madura percaya pada pijakan-pijakan moral menyangkut interaksi sosial, diamalkan serta diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya menjadi konsensus serta pedoman hidup mereka. Sebagaimana masyarakat tradisional lainnya yang juga mempunyai pandangan-pandangan moral serta dilembagakan dengan cara kultural-informal dengan maksud tertentu seperti merawat keseimbangan sosial hingga ketertataan hidup.

Pengembangan tengka sebagai etika sosial dalam masyarakat tradisional madura bermaksud untuk melahirkan pemahaman yang berguna dengan cara internal ataupun eksternal. Laporan tentang masyarakat Madura saat ini belum siap unutuk menerima industrialisasi yang diperkirakan akan membawa pengaruh yang buruk terhadap aspek moralitas dalam masyarakat.

Rumusan Masalah:

  • Apakah arti tengka secara kultural?
  • Bagaimanakah praktik tengka dalam kehidupan masyarakat Madura, sebagai etika sosial-keagamaan, etika keluarga, etika politik, etika lingkungan hidup, dan etika dagang?
  • Mengapa tengka dapat bertahan sebagai moral pada masyarakat Madura di tengah kuatnya pengaruh Islam yang mengandung dimensi moral. Faktor dalam sejarah apa yang membuat tengka bertahan dalam kehidupan masyarakat Madura?

Tujuan Penelitian:

  • Kebenaran universal adalah mitos dan setiap masyarakat yang kulturalnya berbeda memiliki kode moral tersendiri dan itu adalah fakta. Penting untuk mencari tahu arti tengka di dalam masyarakat.
  • Masyarakat Madura percaya jika etika itu hanya terdapat pada ruang praktik. Tujuan kedua yaitu mendapatkan laporan praktik tengka di dalam kehidupan mereka.
  • Mencari pengertian tentang faktor sejarah yang mempengaruhi ketahanan tengka yang dilembagakan secara kultural di dalam masyarakat Madura.

Download Proposal Skripsi:

Link Download: